Kamis, 03 Desember 2009

Manfaat Markisa

Buah markisa jarang dimakan segar karena rasanya masam. Buahnya dapat dibuat minuman markisa yang tahan lama. Buah markisa merupakan salah satu bahan makanan berserat yang baik bagi kesehatan tubuh karena dapat melancarkan pencernaan. Buah markisa juga berfungsi sebagai antioksidan (berupa vitamin) yang bermanfaat untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh (Rahmat R, 2003).

Dipasaran banyak dijumpai varietas markisa (Passiflora edulis), seperti yang berkulit ungu dan kuning. Setiap satu buah markisa warna ungu mengandung fosfor 12 mg, zat besi 0.3 mg, kalsium 2 mg, potasium 63 mg, sodium 5 mg, vitamin A 130 IU, vitamin C 5 mg dan magnesium 5 mg.

Banyak sekali manfaat buah markisa bagi kesehatan. Ini terkait dengan kandungan nutrisi terkandung dan Manfaat buah markisa berkhasiat sebagai pereda nyeri, antikejang, kolitis, penenang dan antiradang. Ganguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur).

Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengaandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain energi, lemak, protein, serat, mineral kalsium,fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat dan asam sitrat.

Tidak ada komentar: