Kamis, 03 Desember 2009

Markisa (Passiflora)

Markisa, keluarga passifloraceae, berasal dari daerah tropis Amerika seperti Brasil, Venezuela, Colombia, dan Peru. Buah ini di Brasil disebut maracuja melao, pasison aria di Cuba, dan granadilla di Costa Rica. Tanaman ini berupa semak atau pohon. Seabagian besar markisa yang dibudidayakan adalah jenis merambat. Buahnya ada yang bisa dimakan langsung, ada juga yang harus diolah dulu menjadi sirup atau sari buah. (Trubus, 1992).
Buah markisa dilapisi oleh lapisan serupa jeli yang rasanya manis dan beraroma harum. Dapat dikonsumsi segar bersama bijinya, di samping itu dapat pula diolah menjadi sirup atau selai markisa. Markisa mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan berguna untuk kesehatan, diantaranya passiflorine yang berkhasiat menenteramkan urat syaraf. Buah ini juga mengandung zat gizi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan berbagai mineral (Anonymous, 2008).
Markisa merupakan tanaman merambat yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Tanaman ini berasal dari Brazil dan di Indonesia banyak dibudidayakan di daerah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jawa Barat,dan Sulawesi Selatan. Di Indonesia ada empat jenis markisa yang dibudidayakan, yaitu (Anonymous, 2008):


  • Markisa ungu/ markisa asam/ siuh (Passiflora edulis var. edulis)
Buah muda berwarna hijau, buah masak berwarna ungu sampai cokelat. Rasa buah asam dan beraroma kuat, sehingga banyak diolah menjadi sirup dan jus sari markisa.

  • Markisa konyal/ markisa manis (Passiflora longularis)
Buah muda berwarna hijau keunguan, buah masak berwarna kuning kecoklatan berbintik putih. Rasa buah manis dan harum, sehingga banyak langsung dikonsumsi segar. Namun demikian dapat pula diolah menjadi sirup dan jus sari markisa.

  • Markisa kuning/ markisa rola (Passiflora edulis var. flavicarpa)
Buah muda berwarna hijau, buah masak berwarna kuning cerah berbintik putih. Rasa buah asam dan kurang beraroma, umumnya diolah menjadi sirup dan jus sari markisa.
  • Markisa erbis/ “giant grandila” (Passiflora quadrangulari L)
Buah berwarna hijau kekuningan. Buah sangat besar, dapat mencapai 2.5 kg. Daging buah tebal, rasa segar, dikonsumsi segar sebagai campuran minuman.


Klasifikasi ilmiah buah markisa
Regnum : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Malpighiales
Familia : Passifloraceae
Genus : Passiflora
Spesies : Passiflora edulis

Anatomi tanaman ini secara umum, suatu famili tropis dan sub-tropikal yang sangat bervariasi yang mencakup banyak, yang lain adalah hutan dan mempunyai bentuk semak belukar atau pohon kecil. Adenia meliputi jenis xerophytic seperti A. pechuelli ( Engl). Kejadian yang mana terjadi di daerah Afrika yang paling kering. Dalam hal ini jenis yang berhubungan erat adalah tumbuhan terdiri dari suatu koleksi pendek, gemuk, tuberous berasal dari pengaruh atau lurus, kadang-kadang cabang berduri muncul. Jenis adenia lain lewat tunggal, sebagian atau secara keseluruhan di bawah tanah, napiform akar umbi yang tegas sedikit banyak pemanjatan berhutan bersumber. A. venenata Forsk. ( syn. Modecca abyssinica Hochst.) adalah suatu jenis yang baik. Daun pada umumnya dorsiventral, tetapi yang dipamerkan isobilateral struktur dalam beberapa jenis. Sessile atau kelenjar adalah umum di dalam petiola, dan noda hal kelenjar lebih sedikit sering pada atas yang sebelah bawah untuk pelat tipis itu. Rambut kebanyakan uniseritate atau unisel, tetapi jenis yang berbulu kasar hal kelenjar juga terjadi di Passiflora. Kulit luar daun kadang-kadang 2 lapisan. Stomata, Pada umumnya terbatas pada permukaan yang lebih rendah adalah ranunculaceous. Kristal. Unsur-Unsur yang keluar meliputi tanniniferous sel yang mana adalah umum di dalam parenkimatus bagian kedua-duanya daun dan batang, selagi rongga yang keluar, yang mana juga berisi samak, telah direkam di dalam poros dan daun Adenia ( bagian Ophiocaulon).

(Bersambung....)

Tidak ada komentar: